Jumat, 19 Desember 2014

IKAN-IKAN INI SEBAIKNYA TIDAK DISANTAP.

Beberapa ikan yang sering dijadikan hidangan lezat ternyata mengandung merkuri tingkat tinggi. Kandungan merkuri itu berasal dari zat-zat polutan, yang biasanya terserap pada spesies ikan yang hidupnya lama dan berada pada puncak rantai makanan.


Merkuri -disebut juga dengan raksa atau air raksa- termasuk unsur yang bisa menyebabkan keracunan. Penumpukan merkuri dalam tubuh akibat menyantapnya terus menerus dapat menyebabkan tremor, gangguan syaraf. parkinson, gangguan lensa mata, anemia ringan,  hingga kematian.

Empat jenis ikan yang mengandung merkuri diatas batas aman :

1. Ikan cucut / hiu.
Ikan cucut rasanya mirip ikan jambal roti, cuma lebih murah dan berbau pesing. Sama seperti ikan jambal, ikan cucut biasanya dibuat ikan asin, dimasak dengan santan, atau diasap. Ikan cucut termasuk jenis ikan hiu. Hiu martil (Eusphyra blochii) disebut juga cucut martil. Ikan ini sebaiknya dihindari kerena kandungan merkuri yang tinggi, terutama untuk ibu hamil.

2. Ikan todak.
Ikan todak adalah ikan besar, yang moncongnya mirip anggar sehingga ikan ini biasa juga disebut swordfish. Ikan todak satu keluarga dengan ikan layar dan ikan marlin. Ikan-ikan itu termasuk yang mangadung kadar merkuri melebihi batas wajar.

3. Ikan tengiri Amerika.
Tengiri amerika adalah spesies tengiri yang hidup disepanjang pantai Amerika dan teluk Meksiko. Tengiri Amerika atau disebut juga king mackerel adalah ikan yang berukuran medium dengan berat kadang mencapai 40 kg. Menurut Pengawas Makanan dan Obat Amerika Serikat, tengiri Amerika adalah salah satu dari 4 ikan yang harus dihundari untuk dikonsumsi kerena kandungan merkuri melebihi batas, terutama untuk ibu hamil.

4. Ikan blanquillo.
Ikan lain yang harus dihindari kerena merkuri adalah blanquillo atau disebut juga tilefish. Ikan ini mempunyai kandungan merkuri yang paling tinggi.

Dari empat ikan di atas hanya ikan cucut dan todak (termasuk ikan layar ) yang di Indonesia sering dikonsumsi sebagai lauk pauk. Jadi untuk menjaga kesehatan, sebaiknya hindari atau kurangi mengkonsumsi ikan cucut, todak atau layar. Bila ingin mengkonsumsi ikan asin, pastikan yang dikonsumsi adalah ikan jambal roti. Ikan mackarel kalengan atau ikan tengiri/kembung baik disantap selama bukan tengiri Amerika.

Sebenarnya mungkin ada berbagai jenis ikan lagi dengan kandungan merkuri tinggi, namum menurut penelitian baru-baru ini ikan yang mengandung merkuri tidak berbahaya kalau disertai dengan kandungan selenium yang melebihi merkuri. Selenium mengandung antioksidan yang menjaga kerusakan sel-sel.