Jumat, 03 Mei 2024

Apakah Rayap Menyukai Teakwood, Plywood, dan Particle board ?

Sebenarnya rayap memakan semua material yang mengandung selulosa, tidak terkecuali dengan teakwood, plywood dan particle board. Tetapi rayap tidak terlalu berselera terhadap beberapa jenis kayu. Tapi kalau sedang lapar kayu apapun dilahap nya, kecuali yang mengandung anti rayap atau terlalu kering.

Kayu teakwood biasanya terbuat dari kayu jati dan digunakan untuk lapisan luar atau veneer dari berbagai jenis furniture dan pintu. Teakwood adalah kayu solid yang tahan cuaca /air, kuat, sedikit perawatan. Teakwood terbuat dari kayu jati yang merupakan salah satu kayu yang tidak disukai rayap. Tapi kalau sedang lapar kayu ini dimakan juga dan menurut penelitian rayap yang memakan kayu jenis ini 75 persen akan mati. Jadi kayu jati atau teakwood akan tetap dimakan rayap tapi mungkin kerusakannya sedikit. Yang penting jangan sampai kena lembab, kerena rayap sangat suka dan akan berpesta.

Plywood adalah kayu tipis berlapis yang dilem dengan lem khusus dan dipress. Plywood disebut juga papan triplex (kalau yang tebal disebut multiplex). Baik kayunya maupun lemnya sangat disukai rayap, sehingga plywood/multiplex bisa habis dimakan rayap. Tapi untungnya bahan kayu plywood biasanya menggunakan kayu yang sangat kering dan  sudah diberi anti rayap. Kayu kering dan anti rayap inilah yang menyebabkan plywood tidak begitu disukai rayap.

Kemudian particle board adalah serpihan kayu yang dipadatkan diberi lem khusus (dan mengandung selulosa) dan dibuat menjadi papan. Particle board ini adalah jenis materal papan yang paling murah sehingga banyak digunakan sebagai bahan furniture. Terntu saja particle board ini cepat rusak apalagi kalau kena air. Rayap akan sangat menyukai serpihan kayu kerena akan lebih mudah memakannya. Untungnya particle boar ini juga menggunakan kayu kering, sehingga kalau tidak kena lembab atau kebanjiran sepertinya rayap tidak begitu menyukainya apalagi kayunya mungkin sudah diberi anti rayap. Tapi rayap mungkin akan dengan mudah membuat terowongan sepanjang papan. Oleh keran itu  particle board biasanya juga dilapisi dengan lapisan coating, veneer atau melamin sehingga  lebih kuat dan tahan terhadap serangan rayap maupun cuaca. 


Tidak ada komentar: