Rabu, 01 Mei 2024

Apakah Rayap Memakan Dempul ?


Dinding dengan jalur rayap akibat ada papan yang diletakan menempel pada dinding

Rayap adalah mahluk dengan easa lapar yang tinggi terhadap selulose. Dia akan memakan apa saja yang mengandung selulose. Dari mulai kayu, kertas, kain. Tapi ada beberapa kayu yang rayap tidak menyukainya seperti teakwood, kayu jati, kayu besi, mahogani. Tentu saja kalau sangat lapar biasanya akan "digerogoti" juga, meski cuma sedikit.

Tapi apakah rayap menyukai dempul kayu? Dempul kayu (filler kayu) baik dengan pengencer kayu maupun minyak terbuat dari bahan pengeras plastik dicampur dengan bubuk (debu) kayu, atau tanpa bubuk kayu sama sekali. Dempul kayu juga biasa dibuat sendiri dari lem kayu (lem putih) dicampur debu halus atau serbuk gergaji kayu. Dempul kayu kalau sudah mengering biasanya menjadi sangat keras. Rayap tidak menyukai / memakan kayu yang dicat, beton, atau bahan lain yang sangat keras meski mengandung kayu. Lagipula rayap tidak menyukai selulosa pada debu kayu dan selulosa bukanlah bahan utama dempul kayu.

Namun demikian, dalam kelembaban tinggi dan gelap, rayap tetap mencari selulosa yang bisa dimakan, apalagi dalam keadaan lapar. Dempul kayu berbahan air akan mudah menjadi lembab dan rayap akan lebih mudah membuat jalurnya. Oleh kerena itu meski rayap tidak memakan dempul, harus tetap dicek apakah ada jalur rayap. Rayap tidak menyukai tempat yang kering/panas dan terpapar sinar matahri. Rayap muncul pada bangunan yang sudah lama kerena munculnya kelembaban tinggi pada dinding, sehingga kusen dan jendela maupun lemari yang merapat ke dinding akan menjadi sasaran empuk rayap.

Jadi biasakan untuk selalu semprotkan anti rayap di daerah yang diduga akan didatangi rayap, atau terlihat ada jalur rayap berupa terowongan tanah pada dinding atau retakan dinding. Cara lain sering-sering mengeringkan bagian kayu dengan pengering rambut.Panas yang menjalar sampai di dalam kayu dengan mudah akan membunuh rayap. 

Hindarkan meletakan papan menempel pada dinding, maupun melapisi rak plastik dengan kertas. Rayap akan membuat jalur tanah dan akan merusak dan menghabisi semua barang yang mengandung celulosa. Lalu perhatikan kalau ada rombongan laron, kerena sepertinya ada koloni rayap.


Tidak ada komentar: