Sabtu, 06 Desember 2014

MENGATASI GATAL DI KEPALA.

Gatal dikepala bisa sangat mengganggu dan menyebabkan kepala terluka terkena garukan. Bila gatal makin menjadi di malam hari bisa sangat mengganggu tidur. Gatal di kepala bisa terjadi akibat berbagai sebab, seperti ketombe, infeksi kulit, psoriasis, kulit kepala kering, stress, dsb.

Dibawah ini beberapa saran untuk mengatasi gatal di kepala :
- Keramas teratur dengan menggunakan shampo yang cocok. Shampo yang tdak cocok bisa menjadi biang keladi kepala gatal. Gunakan juga kondisioner yang baik atau dapat memakai yogurt kalau tidak ada.

- Jangan gunakan produk perawatan rambut yang mengandung alkohol. Alkohol dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering sehingga menimbulkan gatal-gatal.

- Bila gatal muncul usahakan jangan digaruk kerena akan makin gatal. Oleh kerena itu hindarilah menggaruk kepala. Gunakan sarung tangan setiap kali tidur.

- Kurang stress akibat beban pikiran. Cari dan selesaikan penyebab masalah. Menghindari dan mengurangi stress dapat dilakuan dengan melakukan meditasi dan menyerahkan semua masalah kepada YME.

- Jangan biarkan rambut selalu basah. Rambut basah dapat menyebabkan kulit kepala kering yang menyebabkan gatal dan tumbuhnya jamur. Hindari mengeluarkan keringat yang berlebihan selagi bekerja. Akan lebih baik bekerja dalam ruangan yang ber AC atau cukup udara segar.

- Pastikan tidak ada kutu rambut. Keberadaan kutu rambut dapat mudah dikenali dengan adanya telur kutu pada rambut.

- Cukup minum. Dengan cukup minum (min 8 gelas per hari). Kekurangan minum dapat menyebabkan dehydrasi dan kulit kpala menjadi kering.

- Banyak mengkomsumsi vitamin E. Vitamin E memberikan kelembaban yang diperlukan pada kulit kepala dan anti oksidan.

- Perhatikan makanan yang mungkin menyebabkan menyebabkan alergi. Bila gatal timbul kerena alergi, minumlah obat anti alergi. Obat anti alergi biasanya mengandung antihistamin, yang terdapat juga pada obat flu.

- Konsultasi dokter kalau penyakit kepala disebabkan kerena penyakit infeksi pada kulit. Penyakit kulit umumnya ditandai dengan bercak merah, bersisik, kulit tebal, bentol atau melepuh. Gatal kepala juga bisa timbul kerena penyakit lain seperti ginjal atau diabetes, terutama bila disertai gejala lain.