Jumat, 27 Juli 2012

TEH ROSELA DAPAT MENYEMBUHKAN ASAM URAT ?


Perhatian : ini bukan iklan teh rosela tapi hanya sharing pengalaman.

Asam urat (gout) merupakan peradangan akut arthritis atau radang sendi dengan ciri sendi membengkak, panas dan memerah, umumnya 50 persen terjadi pada area jempol kaki. Ini disebabkan oleh naiknya level asam urat dalam darah sehingga membentuk kristal - kristal yang menumpuk di persendian, otot dan daerah sekitarnya, dan mengakibatkan rasa sakit dan bengkak. Asam urat biasanya menyerang pria dewasa (terutama diatas umur 40 tahun).  Timbulnya asam urat terkait dengan faktor genetis,  kebiasaan makan yang salah dan gaya hidup.

Beberapa tahun yang lalu penulis pernah mengalami kondisi seperti ini. Menjelang bangun pagi, tiba-tiba sendi jempol  kanan sakit.  Semula dikira kerena tidur yang salah, tapi makin lama makin sakit dan membengkak sampai jalanpun susah. Kaki kanan membengkak hingga lebih dari tiga hari, meski pada akhirnya reda.  Namun  sejak itu hampir tiap bulan penulis mengalami  radang sendi tersebut, terutama setelah berjalan kaki cukup jauh.

Suatu ketika penulis iseng-iseng membeli teh rosela ungu, kemudian disedu dengan air dan dicampur gula. Teh rosela  adalah  kelopak bunga Rosela (Hisbiscus sabdariffa) yang dikeringkan, yaitu spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Di negeri asalnya, Afrika, rosela dijadikan selai atau jeli atau dimakan mentah. Dikatakan -menurut ahli pengobatan alternatif- bahwa teh rosela dapat menyembuhkan asam urat, darah tinggi, diabetes, anti kanker dan segudang penyakit lainnya! Meskipun demikian secara ilmiah sebagian besar mungkin belum dapat dapat dibuktikan.

Tanaman rosela ungu

Kerena dirasa enak penulispun rutin meminumnya tiga atau dua kali sehari. Aneh sejak itu selama setahun asam urat tidak timbul-timbul lagi. Tahun berikutnya penulis tidak lagi rutin meminum, - nah, beberapa bulan kemudian asam urat timbul lagi, sehingga memaksa penulis untuk meminumnya lagi sampai hari ini.... Namun demikian penulis membatasi kerena rosela yang asam dapat memperparah penyakit asam lambung.

Penulis kemudian menyarankan ini kepada seorang kerabat, tapi aneh untuk kasus beliau katanya teh rosela tidak ada efek....... Apakah ini hanya efek plasebo terhadap penulis ? Atau  sang kerabat tidak rutin meminumnya ? Atau ada perbedaan kondisi tubuh ? Penulis tidak tahu.  Penulis hanya menyerankan tidak ada salahnya meminum teh rosela bagi penderita asam urat dan sakit pinggang, kerena faktanya dapat memperlancar peredaran darah, mengandung berbagai vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh,  lagipula rasanya cukup enak.  Satu lagi - pilihlah rosela ungu kerena tidak terlalu asam dan kandungan zatnya lebih banyak - hanya saja harganya lebih mahal .......

Tidak ada komentar: