Jumat, 31 Agustus 2012

10 MANFAAT KENTANG.

Di bawah ini sepuluh manfaat kentang bila dikonsumsi secara rutin (sebaiknya dengan cara direbus/dibuat sop, dibakar, atau dijus). Tapi -PERHATIAN!- manfaat ini tidak berlaku bagi yang punya masalah kelebihan berat badan atau penderita diabetes.

1. Sumber vitamin C.
Kentang mengandung vitamin C sekitar 24 persen, sehingga bila dimakan tiap hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan mencegah berbagai penyakit akibat kekurangan vitamin C, seperti bibir pecah, mudah terserang virus, dsb.

2. Meringankan rematik.
Disamping vitamin, kentang mengandung berbagai mineral magnesium (6%) dan potassium (9%), sehingga dapat dimanfaatkan untuk meringankan rematik. Merebus kentang sampai matang lalu air rebusannya diminum dapat meringankan rematik tapi dengan syarat tidak terlalu berlebihan, kerena kentang juga mengandung karbohidrat yang bisa menambah berat badan sehingga kurang baik pagi penderita rematik.

3. Menghaluskan kulit.
Kehadiran vitamin C dan B kompleks pada kentang ditambah berbagai mineral lain yang baik untuk kulit seperti fosfor, potassium, magnesium dan seng, menjadikan kentang bisa berfungsi sebagai bahan untuk perawatan kulit -baik dengan cara dimakan maupun dioleskan ke kulit (kentang mentah ditumbuk lalu dicampur madu).

4. Anti radang.
kerena kentang mengandung potassium dan vitamin B6, serta berbagai vitamin/minaral yang bersifat anti radang  maka dapat digunakan untuk meringankan/menghilangkan radang ataupun bengkak.

5.Menurunkan tekanan darah dan kolesterol.
Kentang mengandung serat dan berbagai vitamin yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, tapi TIDAK BAIK untuk penderita tekanan darah tinggi akibat penyakit diabetes kerena nilai index glycemic kentang sangat tinggi (index glycemic tinggi akan menaikkan level gula dalam darah).

6.Mencegah penyakit jantung.
Disamping berbagai mineral dan vitamin C dan B-komples, kentang juga mengandung beta-karoten, lutein, zeazanthin, yang bagus untuk jantung dan organ dalam lainnya. Tapi kerena kentang -seperti -yang sudah diuraikan sebelumnya- dapat menaikkan kadar gula dalam darah maka tidak dianjurkan dikonsumsi oleh penderita obesitas dan diabetes.

7.Mencegah penyakit batu ginjal.
Meski mengandung kalsium dan besi (penyebab batu ginjal), kentang juga kaya akan magnesium yang akan mencegah bertumpuknya kalsium dakam ginjal sehingga bermanfaat untuk mencegah penyakit batu ginjal.

8.Meringankan asam urat.
Kadar purin dalam asam urat sangat rendah, sehingga sangat baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kentang juga mengandung zat anti radang, sehingga kentang dapat meredakan meredakan bengkak kerena asam urat. Konsumsilah kentang mentah dengan cara di jus.

9.Menjaga fungsi otak.
Kentang mengandung berbagai vitamin, mineral, karbohidrat, zat besi, fosfor, gula, asam lemak, dsb. yang nyaris memenuhi semua kebutuhan otak supaya bisa berfungsi normal dan mencegah penurunan.

10.Menambah berat badan.
Kentang mengandung banyak karbohidrat ( sumber energi) dan sedikit protein, jadi ideal untuk menambah berat badan.