Minggu, 09 Juli 2017

KENAPA ORANG PERLU MANDI ?

Tentu saja orang perlu mandi, kalau tidak badannya bau keringat dan lengket apalagi sesudah bekerja seharian dalam kondisi udara panas. Meski mandi bukan suatu keharusan seperti makan minum, mandi akan membersihkan tubuh dari bakteri /racun, memberikan kenyamanan, kesehatan dan kecantikan pada tubuh. Lebih jauh, manfaat mandi adalah :

1.Membantu tidur.
Mandi air hangat sebelum tidur, dipercaya akan membantu seseorang cepat tertidur. Hal ini disebabkan mandi air hangat akan menaikkan suhu tubuh, sehingga selesai mandi suhu tubuh akan turun yang membuat badan terasa segar dan relax. Hanya saja jangan biasakan mandi malam dengan air dingin.

2.Meregangkan otot.
Mandi air hangat akan meregangkan otot, dan mengurangi tekanan pada otot yang menyebabkan sakit otot. Terutama sesudah bekerja fisik atau olah rega.

3.Meningkatkan kekebalan tubuh
Mandi air dingin dengan mengguyur di kepala di pagi hari secara teratur akan merangsang sistem pembuluh darah dan getah bening suntuk menghasilkan lebih banyak sel-sel antibodi sehingga menjadi jarang sakit.

4.Mengurangi stress
Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menunjukkan bahwa tingkat kortisol dan kromogranin (hormon stress)  berkurang secara signifikan pada orang yang mandi selama 1 jam. Pada sebuah studi yang dilakukan oleh Shevchuk NA juga menunjukan bahwa air dingin berpengaruh terhadap sistem syaraf, yang akan menaikkan tingkat senyawa kimia noraadrenalin dan beta- endorfin  dalam darah yang akan mengurungi depresi.

5.Pengaruh terhadap hormon pria.
Mandi air dingin tiap hari akan menaikan hormnon pria, sebaliknya akan berkurang ketika mandai air hangat. Demikian menurut suatu penelitian.

6.Menurunkan leval gula darah.
Menurut sebuah studi di Colorado, penderita diabetes yang berendam di air hangat selama 30 menit secara rutin level gula darahnya akan menurun sebanyak 13 persen.

7.Membantu penderita darah tinggi.
Berendaem di air hangat akan melancarkan sirkulasi darah yang pada gilirannya akan berpengaruh terhadap tekanan darah.


Tidak ada komentar: