Rabu, 27 Januari 2021

Mencegah Rayap di Rumah

 

serdadu, laron (rayap reproduksi), pekerja

Pada rumah yang masih menggunakan kuda-kuda/kaso, rangka plafon dan kusen kayu, rayap merupakan hama serangga  yang harus diwaspadai. Rayap tanah berasal dari dalam tanah, yang mungkin terjadi kerena waktu pertama dibangun urugan tanah penuh dengan serpihan kayu, dan tidak dberi anti rayap, sehingga kemudian rayap dari tanah mulai merambat menembus lapisan keras plesteran dinding dan mulai menggerogoti kayu atau zat selular di atasnya.


Jenis Rayap.

Rayap kayu kering. Rayap kayu kering tidak membutuhkan kelembaban. Mereka bertahan hidup di kayu kering, tapi yang masih mengandung air. Oleh kerena itu untuk menghidari rayap, kayu struktur biasanya dioven dulu.Rayap kayu kering tidak membutuhkan tanah kerena hidup dan makan di dalam kayu.

Rayap kayu basah. Berbeda dengan rayap kayu kering, rayap ini memerlukan kelembaban untuk bisa bertahan hidup.Biasanya membuat koloni di kayu basah atau di dalam tanah. 


Tanda-tanda keberadaan rayap.

Laron.

Laron merupakan serangga bersayap yang biasanya berterbangan si sekitar cahaya lampu.Laron adalah rayap pekerja yang tumbuh sayap dan biasanya muncul dari dalam tanah atau akar pohon pada musim penghujan kerena lembab. kemudian laron terbang disekitar lampu untuk menghangatkan diri. Saat inilah mereka juga mencari pasangan dan kawin.

Kotoran rayap 

Munculnya "tanah/pasir" disekitar/di bawah kayu atau ambang kusen atau lantai. "Tanah" itu merupakan kotoran rayap, yang bentuknya seperti pasir dengan berbagai warna.

Terowongan rayap.

Terowongan rayap seperti tanah berwarna coklat menjalar dipermukaan tembok atau kayu, sampai plafon. Terowongan ini dibuat oleh rayap tanah dan terbuat dari air liur plus kotoran mereka. Fungsinya untuk menghubungkan tanah dan area di atasnya. 

Bunyi samar. 

Rayap menggerogoti kayu sehingga menimbulkan bunyi garukan samar -namun masih terdengar- pada kayu yang digerogoti. Biasnya bunyi ini muncul saat rayap kayu kering sedang berpesta.

keropos. 

Kayu keropos atau berbunyi kosong saat diketuk meski luarnya terlihat utuh merupakan tanda adanya rayap di dalam kayu.


Cara mudah mengatasi rayap.

Obat nyamuk 

Semprotkan obat nyamuk di area yang diduga mengandung rayap. Sehingga dipenuhi cairan obat nyamuk. Dianjurkan yang berbau lavender atau jeruk. 

Air Garam.

Olesi atau semprotkan cairan garam di area rayap. Atau suntikan memakai jarum suntik (bisa memakai suntukan bekas tinta printer), melalui lubang yang diduga dibuat oleh rayap.

Anti rayap.

Cairan anti rayap, baik yang berupa tabung semprot atau cairan biasa mudah dibeli di toko bahan bangunan atau toko online. semprotkan atau suntikan di area terdampak. Cairan anti rayap sangat ampuh kerena khusus dibuat untuk mengatasi rayap.


Tidak ada komentar: