Jumat, 29 Januari 2021

Makanan Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Penderita Eksim.

Disamping dapat memicu eksim atau sejenisnya, secara umum makanan ini dapat menyebabkan gejala allergi seperti, gatal-gatal, bentol, kulit kemerahan, mulut gatal, hidung berair atau tersumbat, mual, mencret, dan sakit perut, syok anafilaksis. 


Kedelai.

Kedelai dan olahan kedelai adalah termasuk makanan yang bergizi, dan biasanya selalu ada pada menu kuliner Asia. Namuan makanan olehan kedelai dapat menyebabkan allergi, sehingga perlu dihindari/dibatasi bagi penderita eksim atau penyakit auto imun.

Telur.

Biasanya orang mempunyai kolestrol tinggi akan menghindari kuning telur dan mamakan putih telurnya saja, padahal putih telur mengandung protein yang akan akan bertindak sebagai molekul pembawa protein yang bersifat bakteri melintasi usus sehingga akan merangsang kekebalan tubuh. Dengan demikian eksim yang adalah termasuk penyakit  autoimun akan diperparah.

Gula.

Tidak usah diuraikan, Secara umum Kebanyakan gula tidak baik untuk kesehatan. Gula akan mandatangkan berbagai penyakit dan bisa maracuni tubuh, termasuk  masalah autoimun seperti eksim

Kacang dan biji-bijian.

Kacang-kacangan, termasuk kacang tanah dan biji-bjian mengandung asam fitat yang merupakan anti nutrisi dan berperan sebagai penghambat enzim pencernaan dan artinya nutrisi penting tidak diserap tubuh.

Tomat.

Diantara orang yang allergi makanan,  yang allergi tomat hanya 10%. Namun allergi tomat berkaitan dengan eksim. Oleh kerena itu bila muncul gatal-gatal eksim, harus di cek apakah sebelumnya banyak mengkonsumsi juz tomat atau saus tomat. Tomat merupakan sumber dari salisilat, amina dan MSG alami. Tomat yang asam akan menyebabkan gatal gatal bagi yang sensitif terhadap salisilat.

Kentang dan terong-terongan.

Sama seperti tomat, kentang dan terong mengandung saponin, yang ketika konsentrasinya cukup banyak akan menghancurkan  membran sel sel darah merah.

Makanan yang mengandung gluten.

Gluten adalah sejenis protein yang terdapat dalam makanan yang berbahan gandum, terigu atau jelai, seperti biskuit, roti, cracker, dll. Gluten akan memicu peradangan di usus terhadap orang yang mempunyai penyakit celiac,  serta berbagai penyakit auto imun, diantaranya eksim.

 Susu dan produk mengandung susu.

Susu merangsang produksi insulin, meningkatkan produksi lendir,  sehingga dapat menyebabkan peradangan dan menghambat penyerapan nutrisi dan mineral. Susu sapi memiliki protein yang mirip dengan gluten serta sulit dicerna. 

Kerang-kerangan.

Termasuk kerang-kerangan adalah udang, cumi, kepiting, tiram dsb. Barangkali  secara khusus makanan tsb. kita hindari. Tapi beberapa produk olahan yang dimasak dengan bahan lain  mengandung sari dari kerang-kerangan. Contoh : saus tiram, petis, dan barbagai bumbu masak yang mengandung sari makanan laut tsb.


Tidak ada komentar: