Jumat, 29 Januari 2021

MENYISIPKAN PENANGGALAN PADA EXCEL 2016

Sejak Microsoft Office 2016, filtur menyisipkan penanggalan activeX tidak disertakan, kerena alasan keamanan. Pada msoffice 32bit, filtur itu  bisa ditampilkan ke menu lewat makro dan modul VBA ( mscomct2.ocx). 

Caranya, unduh mscomct2.ocx. File ini mudah didapatkan di google dan dapat diunduh gratis.Ekstrak file yang sudah diunduh, dan copy mscomct2.ocx  ke windows/sysWOW64/ untuk windows 64bit, atau windows/system32 untuk windows 32bit. 

Buka excel, buka workbook kosong. Klik menu developer (kalau belum ada klik kanan menu ribbon pada bagian yang kosong dan klik customize the ribbon). Klik developer, klik insert, klik more control, klik custom register, arahkan ke mscomctl2.ocx

Klik Visual basic, klik insert, klik userform dan klik kanan pada toolbox. Cari dan centang "microsoft monthview control" sehingga muncul di toolbox. kemudian didrag ke VBA userform. 




Klik kanan mouse pada userform, dan view code. Masukan kode di bawah ini :

                                                                         


Namun anda perlu perintah unloading dengan cara mendrag command button di toolbox, kebawah penanggalan di userform. lalu klik kanan  di command button dan kembali view code, masukan kode Unload Me.

Kemudian klik insert, lalu klik modul dan masukan kode ini :

Sub. showcalendar

Calendar. Show False

End Sub

Kotak dialog penanggalan dapat diloading dengan  meloading modul lewat klik makro di menu developer. Selanjutnya anda dapat menampilkan di menu ribbon dengan ikon .

Namun cara seperti di atas sepertinya tidak berfungsi untuk  msoffice 64bit. Cara yang lebih mudakpraktis adalah mengunduh add-ins d ini . Gratis dan simpel/ sangat mudah di install :



Download dan ikuti cara instalasinya. Perhatikan caranya, anda dapat meng unblock bila tidak muncul.

Tidak ada komentar: