Minggu, 31 Januari 2021

Dapatkah Covid-19 Menyebar Lewat Asap Rokok ?



 Virus Covid-19  menular lewat droplet dari bersin orang terjangkit yang terhirup masuk ke hidung, tenggorokan dan paru-paru. Lalu bagaimana dengan asapa rokok dari orang yang terjangkit ?

Perokok menghisap asap rokok dan memasukkan ke paru-paru dan kemudian asapnya dihembuskan keluar. Asap itu kemudian menyebar dan dihirup juga oleh orang di dekatnya. Jadi partikel asap dari paru-paru si perokok masuk ke paru-pau orang lain...

Sebenarnya belum ada bukti kalau asap rokok menyebarkan  virus corona. Kerena partikel asap rokok sepertinya tidak akan membawa  atau ditunggangi virus, kerena mungkin panas/ hangat nya asap rokok akan langsung membunuh virus. Dan juga beda dengan droplet asap rokok  masuk ke paru-paru dihembuskan tanpa tinggal dulu di paru-paru.

Sampai saat ini tidak diketahui bagaimana caranya virus corona menumpang droplet yang dikeluarkan terjangkit ketika batuk/bernafas dan kemudian jatuh ke tanah. Sebagian berpendapat virus  dapat mengambang di udara untuk waktu yang lama.

Yang jelas asap rokok dapat memperlemah system imun di tubuh kita, yang akan menyebabkan kita mudah tertular. Lagi pula perokok harus membuka maskernya untuk bisa merokok.

Tidak ada komentar: