Selasa, 16 Februari 2021

Beda Batuk Refluks vs Covid -19

 


Image by Anastasia Gepp from Pixabay

Intinya batuk  kering adalah batuk tidak berdahak atau yang tidak disertai lendir tenggorokan.  Batuk kering dengan jelas dapat dibedakan dengan batuk basah atau batuk berdahak. Batuk berdahak selalu disertai pergerakan dahak yang terasa di tenggorokan, yang akan keluar melalui batuk.


Batuk kering kerena Refluks.

Refluks asam lambung adalah kelainan katup di lambung sehingga asam lambung naik ke tenggorokan. Hal ini terjadi biasanya sehubungan dengan kondisi GERD. Refluks dapat menimbulkan sensasi terbakar pada bagian dada yang disebut heatburn, dan kemudian iritasi pada saluran di kerongkongan. Iritasi inilah yang akan menumbulkan batuk kering.

Batuk kering kerena refluks/gerd beralangsung lama hingga bisa berbulan-bulan dan tidak kunjung sembuh. Namun -kecuali "heartburn", batuk ini tidak disertai demam atau gejala lain.


Batuk kering kerena virus Corona.

Batuk kerena Covid-19 mungkin disertai  gejela lain seperti demam, susah bernafas dan dada terasa tertekan, atau indra penciuman tidak berfungsi. Dalam satu jam batuk terjadi beberapa kali selama 24 jam dan gejalanya bisa terjadi dalam hitungan 2 hari sesudah terpapar virus.

Batuk dan sesak nafas akan makin parah selama 7- 10 hari sampai infeksi akibat terpapar virus hilang dengan sendirinya, atau kerena kondisi tertentu anda mungkin akan berakhir di ICU.

Oleh kerena itu bila anda mengalami gejala seperti ini, dianjurkan segera cek ke puskesmas / Rumah Sakit.


Tidak ada komentar: