Sabtu, 20 Februari 2021

Kopi Dapat Memicu Eksim ?

 


Kopi adalah minuman yang banyak penggemarnya. Tidak dapat dibayangkan kalau kopi dapat memperparah eksim. Tapi secara teori jawabannya adalah ya. Ini adalah penjelasannya.


1.Mycotoxin pada kopi

Mytoxin adalah sejenis racun yang diproduksi oleh jamur yang dapat ditemukan pada bubuk kopi.  Senyawa ini  menghambat atau mencegah aktivitas sistem kekebalan atau imunosupresif. Meski dalam jumlah sedikit tidak berbahaya, tapi juka terus-menerus terakumulasi dalam tubuh system imun akan meresponnya dan menyebabkan inflamasi dan memicu eksim atau penyakit kulit lainnya.

2. Hormon adrenalin.

Kafein pada kopi akan mempompa kortisol dan adrenalin dalam tubuh, padahal penderita eksim membutuhkan  kortisol sebagai anti radang. Melemahnya anti radang dapat memicu gejala eksim di kulit.


Jadi bagi penderita eksim kronis yang tidak kunjung membaik, mungkin penyebabnya kerena kebanyakan minum kopi. Namun demikian sebenarnya kecil prosentasinya yang allergi terhadap kopi. Jadi minum kopi, asal tidak berlebihan sebenarnya tidak masalah.

Tapi bagi penderita eksim, pilihlah biji kopi yang baik sehingga terhindar dari racun mycotoxin. Sebab meski tidak mematikan, jumlah racun mytoxin yang tinggi dapat menyebabkan masalah lain disamping eksim dan gatal-gatal, yaitu kecanduan kopi, meningkatnya stress dan kecemasan, migrain, GERD, jantung berdebar..

Menurut penelitian, kopi arabica lebih sedikit mengandung jamur dibanding robusta. Juga kopi instant yang sudah diolah (direduksi kafeinnya), atau yang sumber bijinya tidak jelas, mungkin mengandung banyak jamur yang memproduksi mytoxin. 


Tidak ada komentar: