Selasa, 22 November 2022

Kenapa Suhu GPU Selalu Tinggi ?

Ketika GPU mencapai suhu tinggi atau maksimum, kipas pada GPU akan berputar kencang.Tapi bila normal suhu GPU akan menjadi rendah ketika dalam keadaan idle. Dan ketika suhuGPU selalu tinggi (misal mencapai 75 - 80 derajat), meski dalam keadaan idle maka kemungkinan ada sesuatu yang salah.



Biasanya kita dapat chek di task manager (ctrl+alt+del), dan kita dapat melihat di proses pada kolom GPU. Ketika penggunaan GPU mencapai 100 persen, kita dapat mencari program penyebabnya. Biasanya program mining gratisan.

Tapi ada kalanya dicek, penggunaan GPU masih 0 atau normal alias "sepertinya" tidak ada satupun program yang menggunakan GPU sampai 100 persen. Untuk ini kita perlu cek di software seperti HWinfo atau sejenisnya.



Pada HWinfo di atas terlihat jalas "coreload" nya 100 persen dengan suhu yang sangat tinggi, dengan besaran watt maksimum meski  dalam keaddan idle.

Coba disconect internet, dan restart. Dalam keadaan internet disconect, cek lagi pakai HWinfo. Kalau masih juga coreloadnya tinggi berarti ada masalah dengan driver atau bios. Update driver atau bios. Tetapi ketika dalam keadaan disconect internet, "coreload"nya  kembali normal (dalam keaddan idle biasanya 0), itu dipastikan ada malware siluman, barangkali berasal dari program miner gratisan atau program bajakan.

Saatnya unduh Malwarebyte dan scan komputer anda. 



Tidak ada komentar: