Senin, 29 April 2024

Apakah Bawang Putih Kehilangan Manfaatnya Bila Dimasak ?

Bawang putih dikenal sebagai salah satu obat herbal yang bermanfaat terutama sebagai obat penurun tekanan darah kolesterol. Manfaat yang lain diantaranya meningkatkan system imun, sebagai obat detox, kesehatan tulang, anti radang, anti bakteri. Bawang putih mengandung nutrisi penting seperti manganse, fiber, selenium, vit C, vit B6.

Biasanya sebagai penurun tekanan darah digunakan bawang putih tunggal, atau bawang putih China kerena asalnya dibudidaya di Yunnan, China sekitar 7000 tahun lalu. Tapi sebenarnya dari segi manfaat untuk kesehatan, bawang putih tunggal dan bawang putih biasa sama saja. Memang bawang putih tunggal lebih wangi, mudah dikupas, dan relatif kurang pedas/pahit bila dimakan mentah.

Tapi apakah manfaat bawang putih hilang ketika dimasak (direbus), sehingga harus dibuat jus dari bawang  putih mentah ? Sebenarnya begitu bawang putih dikupas dan diiris tipis atau diuleg, maka ada senyawa yang hilang diantaranya alicin yang merupakan anti oksidan, anti radang dan bermanfaat untuk kesehatan jantung. Dan ketika direbus dengan suhu air mendidih, akan kehilangan beberapa vitamin seperti vitamin B dan C kerena mudah larut dalam air. Namun bila cuma dipanaskan setengah matang mungkin vitamin C nya masih ada. Selain itu mungkin akan kehlangan sebagian mineral-mineral nya (meski lebih stabil saat dipanaskan). Oleh kerena itu bila dipanaskan jangan terlalu lama atau berlebihan.

Lalu bagaimana ketika digoreng? Digoreng dengan minyak berarti dipanaskan dengan panas tinggi. Panas tinggi akan menguapkan air dan lemak. Bawang putih akan cepat kehilangan vitamin dan mineralnya kerena reaksi kimia, sehimgga tinggal aromanya saja.

Jadi kalau untuk menjaga manfaat bawang putih, sebaiknya jangan digoreng, tetapi dimakan mentah atau dibuat salad, atau direbus sebentar untuk menghilangkan rasa pahit/pedas. Rasa pahit/pedas inilah penyebab bawang putih tunggal lebih disukai. Biasanya bawang putih tunggal harganya lebih mahal sehingga biasanya diperuntukan untuk obat herbal. Tapi untuk bumbu masakpun bawang putih tunggal sedikit lebih beraroma dibanding bawang putih biasa.




Tidak ada komentar: