Selasa, 30 April 2024

Apakah Timun Dan Kopi Dapat Menyebabkan Sembelit ?

   Sembelit atau susah BAB, ketika tinja terasa sangat besar, keras dan sudah keluarnya. Selalu ada pertanyaan, kenapa saya sembelit ya? Mungkinkah kerena makanan sebelumnya yang saya makan? Jawabannya belum tentu. Makan timun tidak ada kaitannya dengan sembelit. Buah timun atau mentimun adalah buah yang justru mengandung banyak air seperti semangka. Air, serat dan zat laksatif di dalamnya justru dapat mengobati sembelit. 

 Sementara itu kopi meski diklaim dapat melancarkan BAB, bagi sebagian orang mungkin saja dapat menyebabkan sembelit kerena kafein pada kopi adalah diuretik yang menyebabkan buang air kecil terus menerus hingga menyebabkan dehidrasi. 

Penyebab sembelit sesungguhnya (tidak termasuk penyakit pada perut seperti IBS, dll) adalah :

1. Usia tua.

   Saat sesorang menjadi manula, maka orang itu akan kehilangan sebagian masa ototnya, termasuk pada usus, yang akan memperlambat turunnya feses sehingga mengakibatkan sembelit.

2. Kurangnya serat pada makanan.

   Sesorang akan mengalami sembelit ketika kekurangan serat pada makanan, serat biasanya ada pada buah dan sayuran.

3. Sering menahan BAB.

   Sering manahan BAB juga berkontribusi terhadap munculnya sembelit.

4. Kurang olah raga.

   Orang yang bekerjanya duduk di depan komputer dan kurang olah raga akan mempengaruhi pergerakan otot perut dan otot usus yang pada gilirannya menyebabkan sembelit.

5. Kurang minum.

   Ini sepertinya penyebab utama dari sembelit. Ketika sisa makanan dibuang dari perut ke usus besar, air dari sisa makanan akan terserap oleh usus besar. Bila kurang minum air putih akan mengakibatkan dehidrasi, dan mengakibatkan sembelit kerena air pada sisa makanan akan terserap oleh usus. Faktor suhu panas juga menjadi penyebab utama tubuh cepat dehidrasi.

6. Gula dan susu.

   Gula dan susu yang biasa dicampurkan dengan kopi tidak memiliki serat. Serat penting untuk melancarkan BAB. Makanan yang tidak berserat akan menyebabkan sembelit. Beberapa orang yang sensitif laktose pada produk susu mungkin mengakibatkan sembelit.

   Makanan, dari mulai dimakan sampai menjadi feses umumnya memerlukan waktu antara 1-2 hari. Tapitergantung dari jenis kelamin, kebiasaan, usia dan kesehatan. Tapi minimal sesudah 23 jam paling cepat. Jadi mungkin sisa makanan yang jadi feses bisa jadi  makanan 1-2 hari yang lalu, atau malah lebih. Oleh kerena itu bila terasa ingin BAB segera lakukan.

Tidak ada komentar: