Minggu, 21 April 2024

Gula Penyebab Sakit Sendi...


Mungkin anda pernah mengalami sakit sendi / asam urat tiba-tiba kambuh, meskipun sebelum nya anda diet asam urat dan menghindari makanan yang tergolong dapat memicu kristal asam urat naik. Barangkali itu disebabkan kerena makanan manis, yang terdapat pada kue-kue manis, maupun minuman yang mempunyai kadar gula tinggi. Apa penyebab gula dapat memicu sakit persendian ?

Itu terjadi kerena :

1. Gula perupakan pemicu inflamasi, terutama infalmasi di sendi tangan maupun kaki.

2.Konsumsi gula berlebihan dapat memicu kekakuan dan mengurangi fleksibilitas kerena gula membawa protein-protein ke tubuh, termasuk ke persendian sehingga akan menimbulkan kekakuan dan radang.

3.Mengkonsumi gula akan menimbulan AGEs. AGEs (hasil endogen interaksi nonenzimatik glukosa-protein}. Senyawa ini sangat pro inflamsi/radang.

4. Fruktosa akan memicu tubuh mengeluarkan purin, yang akan dipecah menjadi asam urat, lalu membentuk kristal yang akan bertumpuk di persendian dan menyebabkan sakit sendi dan bengkak.

Perlu diketahui, gula yang berasal dari buah maupun susu berbeda dengan gula yang sengaja ditambahkan sebagai pemanis, termasuk madu. Kurangi konsumsi gula.

Tidak ada komentar: