Rabu, 12 September 2018

APAKAH MINUM KOPI MEMPERPARAH BATUK ?



Efek kopi umumnya hanya meningkatkan energi tubuh,  menyebabkan sakit kepala, gangguan pada lambung, susah tidur, pusing dan kecemasan, yang biasanya terjadi 1 jam setelah mengkonsumsi kopi. Namun secara langsung kopi tidak menyebabkan batuk bertambah parah.


Meski kafein pada kopi biasanya dianggap menyebabkan dehidrasi yang membuat tenggorokan menjadi kering sehingga mungkin memperparah sakit tenggorokan dan batuk , tetapi sekarang diketahui dehidrasi terjadi kalau meminum kopi secara berlebihan (lebih dari 500 to 600 mg sehari).

Hal lain yang menyebabkan batuk setelah meminum kopi adalah reaksi allergi kopi. Allergi kopi dapat menyebabkan batuk setelah meminumnya. Tetapi biasanya allergi kopi jarang terjadi.

Waspadai jika dalam 14 hari batuk tidak kunjung sembuh, apalagi sampai mengeluarkan dahak tercampur darah. Dahak tercampur darah bisa saja kerena iritasi pada tenggorokan, namun bisa juga
kerena ada penyekit lain yang lebih berbahaya. Batuk bertambah parah saat berbaring mungkin mengindikasikan adanya masalah jantung..

Tidak ada komentar: